Kami membuat sebuah
perusahaan dibidang pelayanan jasa perusahaan ini kita beri nama SMP Bridal
dimana perusahaan kami menyediakan pelayanan
untuk acara pernikahan. Target pasar kami dari masyarakat yang
membutuhkan pelayanan pernikahan. Dalam
rencana pengembangan usaha, kami mepromosikan usaha kami lewat pameran
dan media sosial. Kami
juga melihat banyaknya
konsumen yang membutuhkan bantuan pelayanan pernikahan untuk mempermudah
jalannya acara pernikahan. Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa
meningkatkan penghasilan dari
perusahaan kami.
Keunggulan jasa yang kami
sediakan :
- Staf kami berkerja secara profesional
- Harga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen
- Customers bisa me-request tema yang mereka inginkan.
- Kami memberikan kualitas dokumentasi yang sangat memuaskan.
- Alat-alat yang digunakan di perusahaan kami sangat lengkap dan selalu terupdate.
Tujuan :
Tujuan
1:
Memperluas nama perusahaan kami sampai ke tahap internasional sehingga
semakin banyaknya konsumen atau pasangan yang menggunakan jasa kami
Tujuan 2:
Memenuhi kebutuhan permintaan pasangan pengantin
Tujuan 3:
Tujuan kami mencapai target penjualan dalam
perminggu sebanyak 5 pasangan dengan nominal sebesar Rp 15.000.000 perpasangan
sehingga totalnya menjadi Rp 75.000.000 perminggu
Pernyataan Misi :
VISI :
“Menjadi
yang terdepan dalam dunia Bridal, Photo & Video momen pernikahan”
MISI :
“Memberikan
pelayanan terbaik bagi client kami dengan system “ One stop services solution
& Wedding Consulting” yang memudahkan client kami dalam menyesuaikan budget
anggaran, konsep photo preweed samapi acara resepsi.
MOTO :
“Kualitas
dan kepuasan anda adalah prioritas kami”
Perusahaan
SMP Studio adalah
perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi jasa yang
menyediakan berbagai macam pelayanan khususnya untuk acara
pernikahan, seperti, dokumentasi,
photobooth, make up, penyewaan kendaraan pengantin, penyewaan gaun pernikahan
atau untuk pesta. Dimana dokumentasi yang kami sediakan memiliki
kualitas yang baik, tim tata rias kami terdiri dari orang-orang yang sudah ahli
dalam bidangnya sehingga tata rias dapat disesuaikan dengan keinginan
pengantin, dan dalam penyediaan pakaian pernikahan kami menyediakan pakaian
dari berbagai adat. Perusahaan kami sudah cukup berpengalaman dalam melayani
atau menyediakan jasa pelayanan pernikahan.
Kepemilikan Perusahaan
Perusahaan kami termasuk dalam perusahaan
sole proprietorship yaitu suatu usaha yang dijalankan oleh satu orang pemilik
yang berarti setiap tindakan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut
menjadi tindakan yang harus ditanggung jawabkan kepada pemiliknya (dalam arti antara
perseorangan dengan pemilik tanggung jawabnya tidak dipisahkan) dan perusahaan
kami dimiliki secara perorangan bukan termasuk dalam perusahaan yang dimiliki
publik.
Sejarah Perusahaan
Perusahaan
ini termasuk dalam perusahaan yang sudah berjalan selama kurang lebih 3 tahun.
Kami mendirikan perusahaan ini dikarenakan meningkatnya kebutuhan masyarakat
atas pelayanan jasa pernikahan dan kami berinisiatif membangun perusahaan ini
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.
Lokasi
dan Fasilitas Perusahaan
Alamat :
Ruko Premier Park 3 Blok B No. 10, Tangerang
Fasilitas
: AC, WiFi, ruang editing, ruang tata rias, ruang tunggu, toilet, menyediakan
minuman, ruang peralatan, studio foto, ruang marketing, lobby, tempat parkir
yang luas.
Status: Menyewa per lima tahun.
Produk/Jasa
- Dokumentasi (Foto, Video, Photo & video editing, Photo Booth)
- Tata Rias
- Penyewaan Kendaraan Pengantin
- Penyewaan Pakaian Pengantin
Deskripsi
Barang dan Jasa
- Dokumentasi : Mendokumentasi segala acara dari awal sampai akhir pernikahaan, pengambilan foto, perekaman video dan hasilnya akan di edit lalu diberikan ke konsumen dalam bentuk Album Foto, CD, Kanvas dan Mini Galeri.
- Tata Rias : Tim tata rias kami akan merias dua kali untuk pengantin pada hari ditentukannya acara (pertama sebelum akad nikah atau pemberkatan, kedua sebelum resepsi pernikahan) sedangkan untuk anggota keluarga akan dirias sekali pada saat akad nikah.
- Penyewaan Kendaraan Pengantin : Kami menyediakan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan permintaan dari pasangan pengantin.
- Penyewaan Pakaian Pengantin : Kami menyediakan busana pengantin dari berbagai adat di Indonesia dan internasional.
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Kami dapat bersaing dengan menunjukkan
kualitas dan kuantitas yang kami berikan. Dimana kami akan memberikan
paket-paket yang bervariatif dengan harga yang terjangkau bagi kalangan
masyarakat bawah hingga masyarakat kalangan atas
Tidak Lanjut Layanan
Kami dapat memenuhi
kebutuhan pelanggan dengan jam kerja yang kami berikan dari jam 10 pagi sampai
jam 7 malam, sedangkan jam pelayanan mengikuti kemauan pengantin. Kami menerima
kritik dan saran atas hasil pelayanan kami.
Analisis Pasar
JASA YANG DIHASILKAN
Jenis jasa yang dihasilkan : Jasa Pelayanan Pernikahan
GAMBARAN
PASAR
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH
DILAKUKAN :
- PAMERAN : Untuk meluaskan jangkauan bisnis, kami mengikut sertakan jasa kami dalam beberapa pameran baik skala besar maupun kecil.
- BROSUR : Dalam bisnis, tentu ada advertising (iklan) untuk mengenalkan jasa perusahaan kami. Brosur adalah media iklan yang kami pilih selain dari iklan online yang kami buat.
- ADVERTISING / IKLAN : Iklan yang pernah perusahaan kami buat adalah dari media online, berupa iklan berbayar atau gratis.
- WEB/MEDIA SOSIAL : Untuk mempromosikan perusahaan kami kami menggunakan web dan media social sebagai perantara promosi kami.
Kunci untuk Sukses
Harga paket yang kami tawarkan dibawah
pasaran sangat jauh terhadap para pesaing vendor lainnya.
Alat-alat
dokumentasi yang kami gunakan merupakan alat dengan teknologi terbaru sehingga menghasilkan
gambar dan video yang berkualitas tinggi.
Alat-alat tata rias yang digunakan sangat
berkualitas dan menggunakan brand ternama sehingga memuaskan konsumen.
Kami
menerima saran dan kritik dari konsumen atas pelayanan yang telah kami berikan.
Strategi Bisnis dan Implementasi
Periklanan
Hal
yang pertama kali kami lakukan yaitu: mengikuti pameran baik dari skala kecil
maupun besar. Dengan mengikuti pameran kami dapat memperlihatkan hasil jasa
pelayanan kami kepada masyarakat sehingga menambah minat masyarakat untuk
menggunakan jasa kami.
Hal yang kedua kami lakukan: kami
mempromosikan melalui media social serta brosur. Karena masyarakat saat ini
cenderung menggunakan media social dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi Pemasaran
PENGEMBANGAN
PRODUK
Kami
akan melakukan pengembangan jasa kami dengan cara melakukan inovasi-inovasi terhadap
pelayanan dalam hal selalu memperbaharui alat-alat yang kami gunakan dan selalu
meningkatkan kualitas yang diberikan untuk bisa menarik perhatian pelanggan
baru.
PENGEMBANGAN
WILAYAH PEMASARAN
Kami
melakukan pengembangan dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak atau
perusahaan tertentu yang bertujuan bisa memperluas wilayah perusahaan.
KEGIATAN
POMOSI
Kami
melakukan kegiatan promosi dengan mengikuti pameran baik skala kecil maupun
besar dan menggunakan media cetak maupun elektronik seperti brosur dan website
yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang kami buat kepada masyarakat.
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Penetapan
harga yang kami berikan memperhitungkan berdasarkan harga di pasaran, dan juga
harga yang kami pasarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Rencana Penjualan
Rencana penjualan kami ditujukan untuk masyarakat kalangan bawah hingga
masyarakat kalangan atas.
Organisasi
Perusahaan
kami terdiri dari 8 bagian yaitu: Marketing, Keuangan, Editor, Tata Rias,
Kameramen, Fotografer, Photo Booth, Supir, Cleaning Service.
Jumlah Pegawai Tetap: 10
Jumlah Freelance : 20
Struktur Organisasi
- HENRY RAMBAKILA (MANAJER)
- ROY IMANUEL (MARKETING)
- RANDI INDRA RAHIM (KEUANGAN)
- HANDY CAHYADI (FOTOGRAFER)
- VICKY RAMADHAN (EDITOR)
- TITHA THENESA (TATA RIAS)
- RICO (KAMERAMEN)
- IBNU RAMADHAN (PHOTO BOOTH)
- RANGGA ARYADANURAJA (DECORATOR)
Tim
Manajemen
·
Nama : HENRY RAMBAKILA
·
Jabatan : MANAJER
Fungsi : Bertanggung jawab mengatur jalannya
perusahaan.
·
Nama : ROY IMANUEL
·
Jabatan : MARKETING
Fungsi : Bertanggung jawab mengatur pemasaran
perusahaan.
Nama : RANDI INDRA RAHIM
· Jabatan : KEUANGAN
Fungsi : Bertanggung
jawab mengatur pengeluaran dan pemasukan perusahaan.
Nama : HANDY CAHYADI
· Jabatan : FOTOGRAFER
Fungsi : Bertanggung
jawab dalam dokumentasi gambar.
Nama : RICO
· Jabatan : KAMERAMEN
Fungsi : Bertanggung
jawab dalam dokumentasi video.
Nama : VICKY RAMADHAN
· Jabatan : EDITOR
Fungsi : Bertanggung
jawab dalam mengedit video dan gambar.
Nama : TITHA THENESA
· Jabatan : TATA RIAS
Fungsi : Bertanggung
jawab dalam merias konsumen.
Nama : IBNU RAMADHAN
· Jabatan : PHOTO BOOTH
Fungsi : Bertanggung
jawab dalam photobooth.
Nama : RANGGA ARYADANURAJA
· Jabatan : DECORATOR
Fungsi : Bertanggung
jawab dalam bagian
dekorasi.
Analisis
Keuangan
Dalam
menjalankan usahanya perusahaan ini juga melakukan kegiatan transaksi dan juga
memiliki laporan keuangan perusahaan yang berbeda dengan laporan perusahaan
dagang. Laporan keuangan dapat diidentifikasikan secara jelas dari informasi
yang diperoleh oleh suatu perusahaan.
Laporan
keuangan perusahaan yang disajikan setiap akhir periode yang terdiri atas
laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.
1. Laporan
Laba/Rugi (Income Statment)
Laporan
laba/rugi adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan pendapatan
dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan laba/rugi
perusahaan disajikan dan memiliki berbagai unsur kinerja keuangan yang
diperlukan bagi penyajian secara wajar.
Bentuk Langsung (Single Step)
Dalam
bentuk ini, seluruh pendapatan dijumlahkan dan semua beban dijumlahkan. Dari
selisih antara jumlah pendapatan dengan jumlah beban dapat diketahui besarnya
laba atau rugi usaha.
LAPORAN
LABA/RUGI PT. SMP BRIDAL PERIODE YANG BERAKHIR 31 DESEMBER 2017
2. Neraca (Balance Sheet)
Neraca
adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan keadaan keuangan atau
posisi keuangan suatu perusahaan pada akhir periode. Posisi keuangan yang
dimaksud terdiri atas jumlah aktiva, kewajiban, dan modal. Dalam penyusunan
neraca harus diurutkan sesuai dengan tingkat likuiditasnya atau tingkat kelancarannya.
Rekening yang lancar harus didahulukan penyusunannya dan rekening yang kurang
lancar disusun di bawahnya. Neraca perusahaan ini dibentuk dengan menggunakan
bentuk stafel.
Bentuk Laporan (Stafel)
Neraca
yang disusun dalam bentuk stafel artinya neraca disajikan dengan harta atau
aktiva di bagian atas dan kewajiban serta modal di bagian bawahnya. Neraca
bentuk stafel sering disebut juga bentuk laporan/ vertikal
3. Laporan Arus Kas (Statement of Case Flows)
Laporan arus kas adalah laporan keuangan
perusahaan jasa yang menunjukkan arus masuk dan arus keluar tentang kas dan
setara dengan kas. Kas merupakan uang tunai atau saldo kas dan rekening giro,
sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka
pendek yang dengan cepat dapat dijadikan kas. Laporan arus kas harus melaporkan
arus kas selama periode tertentu dapat diklasifikasikan perusahaan SMP Bridal
ini menggunakan arus kas dari Aktivitas Operasi. klasifikasi menurut aktivitas bertujuan
memberikan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan untuk menilai
pengaruh aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan perusahaan serta terhadap
jumlah kas dan setara dengan kas.
Arus Kas dari Aktivitas Operasi
Arus
kas dari aktivitas operasi terutama diperoleh dari pendapatan perusahaan. Oleh
karena itu arus kas tersebut pada umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa
lain yang memengaruhi penetapan laba atau rugi bersih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar