Rabu, 13 Desember 2017

Contoh Template Rencana Bisnis


Ringkasan Eksekutif


Kami membuat sebuah perusahaan dibidang pelayanan jasa perusahaan ini kita beri nama SMP Bridal dimana perusahaan kami menyediakan pelayanan untuk acara pernikahan. Target pasar kami dari masyarakat yang membutuhkan pelayanan pernikahan. Dalam rencana pengembangan usaha, kami mepromosikan usaha kami lewat pameran dan media sosial. Kami juga melihat banyaknya konsumen yang membutuhkan bantuan pelayanan pernikahan untuk mempermudah jalannya acara pernikahan.  Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa meningkatkan penghasilan dari perusahaan kami.

Keunggulan jasa yang kami sediakan  :
  • Staf kami berkerja secara profesional
  • Harga dapat disesuaikan dengan kebutuhan  konsumen
  • Customers bisa me-request tema yang mereka inginkan.
  • Kami memberikan kualitas dokumentasi yang sangat memuaskan.
  • Alat-alat yang digunakan di perusahaan kami sangat lengkap dan selalu terupdate.

Tujuan :
Tujuan 1:

Memperluas nama perusahaan kami sampai ke tahap internasional sehingga semakin banyaknya konsumen atau pasangan yang menggunakan jasa kami

Tujuan 2:

Memenuhi kebutuhan permintaan pasangan pengantin

Tujuan 3:
Tujuan kami mencapai target penjualan dalam perminggu sebanyak 5 pasangan dengan nominal sebesar Rp 15.000.000 perpasangan sehingga totalnya menjadi Rp 75.000.000 perminggu



Pernyataan Misi :
VISI :
“Menjadi yang terdepan dalam dunia Bridal, Photo & Video momen pernikahan”

MISI :
“Memberikan pelayanan terbaik bagi client kami dengan system “ One stop services solution & Wedding Consulting” yang memudahkan client kami dalam menyesuaikan budget anggaran, konsep photo preweed samapi acara resepsi.
MOTO :
“Kualitas dan kepuasan anda adalah prioritas kami”

Perusahaan

SMP Studio adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi jasa yang menyediakan berbagai macam pelayanan khususnya untuk acara pernikahan, seperti, dokumentasi, photobooth, make up, penyewaan kendaraan pengantin, penyewaan gaun pernikahan atau untuk pesta. Dimana dokumentasi yang kami sediakan memiliki kualitas yang baik, tim tata rias kami terdiri dari orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya sehingga tata rias dapat disesuaikan dengan keinginan pengantin, dan dalam penyediaan pakaian pernikahan kami menyediakan pakaian dari berbagai adat. Perusahaan kami sudah cukup berpengalaman dalam melayani atau menyediakan jasa pelayanan pernikahan.


Kepemilikan Perusahaan




Perusahaan kami termasuk dalam perusahaan sole proprietorship yaitu suatu usaha yang dijalankan oleh satu orang pemilik yang berarti setiap tindakan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut menjadi tindakan yang harus ditanggung jawabkan kepada pemiliknya (dalam arti antara perseorangan dengan pemilik tanggung jawabnya tidak dipisahkan) dan perusahaan kami dimiliki secara perorangan bukan termasuk dalam perusahaan yang dimiliki publik.

Sejarah Perusahaan

Perusahaan ini termasuk dalam perusahaan yang sudah berjalan selama kurang lebih 3 tahun. Kami mendirikan perusahaan ini dikarenakan meningkatnya kebutuhan masyarakat atas pelayanan jasa pernikahan dan kami berinisiatif membangun perusahaan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Alamat : Ruko Premier Park 3 Blok B No. 10, Tangerang
Fasilitas : AC, WiFi, ruang editing, ruang tata rias, ruang tunggu, toilet, menyediakan minuman, ruang peralatan, studio foto, ruang marketing, lobby, tempat parkir yang luas.
Status: Menyewa per lima tahun.

Produk/Jasa
  •   Dokumentasi (Foto, Video, Photo & video editing, Photo Booth)
  • Tata Rias
  • Penyewaan Kendaraan Pengantin
  • Penyewaan Pakaian Pengantin

Deskripsi Barang dan Jasa

  • Dokumentasi : Mendokumentasi segala acara dari awal sampai akhir pernikahaan, pengambilan foto, perekaman video dan hasilnya akan di edit lalu diberikan ke konsumen dalam bentuk Album Foto, CD, Kanvas dan Mini Galeri.
  • Tata Rias : Tim tata rias kami akan merias dua kali untuk pengantin pada hari ditentukannya acara (pertama sebelum akad nikah atau pemberkatan, kedua sebelum resepsi pernikahan) sedangkan untuk anggota keluarga akan dirias sekali pada saat akad nikah.
  • Penyewaan Kendaraan Pengantin : Kami menyediakan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan permintaan dari pasangan pengantin.
  • Penyewaan Pakaian Pengantin : Kami menyediakan busana pengantin dari berbagai adat di Indonesia dan internasional.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa


Kami dapat bersaing dengan menunjukkan kualitas dan kuantitas yang kami berikan. Dimana kami akan memberikan paket-paket yang bervariatif dengan harga yang terjangkau bagi kalangan masyarakat bawah hingga masyarakat kalangan atas

Tidak Lanjut Layanan

Kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan jam kerja yang kami berikan dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam, sedangkan jam pelayanan mengikuti kemauan pengantin. Kami menerima kritik dan saran atas hasil pelayanan kami.

Analisis Pasar

JASA YANG DIHASILKAN
Jenis jasa yang dihasilkan : Jasa Pelayanan Pernikahan

GAMBARAN PASAR

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN :

  • PAMERAN : Untuk meluaskan jangkauan bisnis, kami mengikut sertakan jasa kami dalam beberapa pameran baik skala besar maupun kecil.
  • BROSUR : Dalam bisnis, tentu ada advertising (iklan) untuk mengenalkan jasa perusahaan kami. Brosur adalah media iklan yang kami pilih selain dari iklan online yang kami buat.
  • ADVERTISINGIKLAN : Iklan yang pernah perusahaan kami buat adalah dari media online, berupa iklan berbayar atau gratis.
  • WEB/MEDIA SOSIAL : Untuk mempromosikan perusahaan kami kami menggunakan web dan media social sebagai perantara promosi kami.


Kunci untuk Sukses

Harga paket yang kami tawarkan dibawah pasaran sangat jauh terhadap para pesaing vendor lainnya.
Alat-alat dokumentasi yang kami gunakan merupakan alat dengan teknologi terbaru sehingga menghasilkan gambar dan video yang berkualitas tinggi.
Alat-alat tata rias yang digunakan sangat berkualitas dan menggunakan brand ternama sehingga memuaskan konsumen.
Kami menerima saran dan kritik dari konsumen atas pelayanan yang telah kami berikan.

Strategi Bisnis dan Implementasi

Periklanan

Hal yang pertama kali kami lakukan yaitu: mengikuti pameran baik dari skala kecil maupun besar. Dengan mengikuti pameran kami dapat memperlihatkan hasil jasa pelayanan kami kepada masyarakat sehingga menambah minat masyarakat untuk menggunakan jasa kami.
Hal yang kedua kami lakukan: kami mempromosikan melalui media social serta brosur. Karena masyarakat saat ini cenderung menggunakan media social dalam kehidupan sehari-hari.

Strategi Pemasaran

PENGEMBANGAN PRODUK
Kami akan melakukan pengembangan jasa kami dengan cara melakukan inovasi-inovasi terhadap pelayanan dalam hal selalu memperbaharui alat-alat yang kami gunakan dan selalu meningkatkan kualitas yang diberikan untuk bisa menarik perhatian pelanggan baru.
PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Kami melakukan pengembangan dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak atau perusahaan tertentu yang bertujuan bisa memperluas wilayah perusahaan.
KEGIATAN POMOSI
Kami melakukan kegiatan promosi dengan mengikuti pameran baik skala kecil maupun besar dan menggunakan media cetak maupun elektronik seperti brosur dan website yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang kami buat kepada masyarakat.
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Penetapan harga yang kami berikan memperhitungkan berdasarkan harga di pasaran, dan juga harga yang kami pasarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Rencana Penjualan

Rencana penjualan kami ditujukan untuk masyarakat kalangan bawah hingga masyarakat kalangan atas.

Organisasi

Perusahaan kami terdiri dari 8 bagian yaitu: Marketing, Keuangan, Editor, Tata Rias, Kameramen, Fotografer, Photo Booth, Supir, Cleaning Service.
Jumlah Pegawai Tetap: 10
Jumlah Freelance : 20

Struktur Organisasi
  •  HENRY RAMBAKILA (MANAJER)
  • ROY IMANUEL (MARKETING)
  • RANDI INDRA RAHIM (KEUANGAN)
  • HANDY CAHYADI (FOTOGRAFER)
  • VICKY RAMADHAN (EDITOR)
  • TITHA THENESA (TATA RIAS)
  • RICO (KAMERAMEN)
  • IBNU RAMADHAN (PHOTO BOOTH)
  • RANGGA ARYADANURAJA (DECORATOR)
Tim Manajemen

·         Nama                                  : HENRY RAMBAKILA
·         Jabatan                               : MANAJER  
       Fungsi                                : Bertanggung jawab mengatur jalannya perusahaan.

·         Nama                                  : ROY IMANUEL
·         Jabatan                               : MARKETING
       Fungsi                                : Bertanggung jawab mengatur pemasaran perusahaan.

       Nama                                 : RANDI INDRA RAHIM
·         Jabatan                               : KEUANGAN
       Fungsi                                : Bertanggung jawab mengatur pengeluaran dan pemasukan perusahaan.

       Nama                                 : HANDY CAHYADI
·         Jabatan                               : FOTOGRAFER
       Fungsi                                : Bertanggung jawab dalam dokumentasi gambar.

       Nama                                 : RICO
·         Jabatan                               : KAMERAMEN
       Fungsi                                : Bertanggung jawab dalam dokumentasi video.

       Nama                                 : VICKY RAMADHAN
·         Jabatan                               : EDITOR
       Fungsi                                : Bertanggung jawab dalam mengedit video dan gambar.

       Nama                                 : TITHA THENESA
·         Jabatan                               : TATA RIAS
       Fungsi                                : Bertanggung jawab dalam merias konsumen.

       Nama                                 : IBNU RAMADHAN
·         Jabatan                               : PHOTO BOOTH
       Fungsi                                : Bertanggung jawab dalam photobooth.

       Nama                                 : RANGGA ARYADANURAJA
·         Jabatan                               : DECORATOR
       Fungsi                                : Bertanggung jawab dalam bagian dekorasi.

    Analisis Keuangan

     Dalam menjalankan usahanya perusahaan ini juga melakukan kegiatan transaksi dan juga memiliki laporan keuangan perusahaan yang berbeda dengan laporan perusahaan dagang. Laporan keuangan dapat diidentifikasikan secara jelas dari informasi yang diperoleh oleh suatu perusahaan.

       Laporan keuangan perusahaan yang disajikan setiap akhir periode yang terdiri atas laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

       1. Laporan Laba/Rugi (Income Statment)

     Laporan laba/rugi adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan laba/rugi perusahaan disajikan dan memiliki berbagai unsur kinerja keuangan yang diperlukan bagi penyajian secara wajar.

      Bentuk Langsung (Single Step)

  
     Dalam  bentuk ini, seluruh pendapatan dijumlahkan dan semua beban dijumlahkan. Dari selisih antara jumlah pendapatan dengan jumlah beban dapat diketahui besarnya laba atau rugi usaha.

     
      LAPORAN LABA/RUGI PT. SMP BRIDAL PERIODE YANG BERAKHIR 31 DESEMBER 2017


      2. Neraca (Balance Sheet)

     Neraca adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan keadaan keuangan atau posisi keuangan suatu perusahaan pada akhir periode. Posisi keuangan yang dimaksud terdiri atas jumlah aktiva, kewajiban, dan modal. Dalam penyusunan neraca harus diurutkan sesuai dengan tingkat likuiditasnya atau tingkat kelancarannya. Rekening yang lancar harus didahulukan penyusunannya dan rekening yang kurang lancar disusun di bawahnya. Neraca perusahaan ini dibentuk dengan menggunakan bentuk stafel.

     Bentuk Laporan (Stafel)

      Neraca yang disusun dalam bentuk stafel artinya neraca disajikan dengan harta atau aktiva di bagian atas dan kewajiban serta modal di bagian bawahnya. Neraca bentuk stafel sering disebut juga bentuk laporan/ vertikal


      3. Laporan Arus Kas (Statement of Case Flows)

      Laporan arus kas adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan arus masuk dan arus keluar tentang kas dan setara dengan kas. Kas merupakan uang tunai atau saldo kas dan rekening giro, sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka pendek yang dengan cepat dapat dijadikan kas. Laporan arus kas harus melaporkan arus kas selama periode tertentu dapat diklasifikasikan perusahaan SMP Bridal ini menggunakan arus kas dari Aktivitas Operasi. klasifikasi menurut aktivitas bertujuan memberikan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan untuk menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan perusahaan serta terhadap jumlah kas dan setara dengan kas.

      Arus Kas dari Aktivitas Operasi
     Arus kas dari aktivitas operasi terutama diperoleh dari pendapatan perusahaan. Oleh karena itu arus kas tersebut pada umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang memengaruhi penetapan laba atau rugi bersih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar